Rabu, 29 Juli 2020

Sudah Tahu Cara Beli Tiket Kereta? Yuk Simak Di Sini

Kereta api merupakan salah satu transportasi umum yang cukup favorit untuk perjalanan ke luar kota. Selain suasana yang lebih nyaman, anda juga bisa membawa barang bawaan yang lebih banyak. Bagi orang yang sudah sering melakukan perjalanan dengan kereta api pastinya sudah paham dengan cara pembelian tiketnya. Namun, bagi anda yang belum pernah naik transportasi satu ini dan membutuhkan cara membeli tiket kereta api, berikut ulasannya.

Cara Membeli Tiket KAI Secara Offline
Terdapat dua cara pembelian tiket yaitu offline dan online. Membeli tiket secara offline berarti anda harus mendatangi stasiun kereta api yang dekat dengan tempat tinggal anda. Setelah sampai di stasiun, anda bisa menuju ke petugas loket. Biasanya anda harus mengantri terlebih dahulu apalagi saat anda melakukan pembelian saat weekend. Agar mendapatkan nomor antrian lebih awal untuk menghindari waktu menunggu yang lama, anda bisa mendatangi stasiun lebih pagi.

Saat berada di depan petugas loket, anda bisa menyebutkan stasiun keberangkatan dan stasiun tujuan, tanggal keberangkatan hingga jumlah penumpang yang ingin dipesan. Selanjutnya, petugas akan mengetik dan memasukkan data tersebut untuk melakukan proses pembelian tiket. Anda akan diberikan daftar harga dan jadwal keberangkatan kereta api yang masih tersedia untuk nantinya dipilih. Akan lebih baik, apabila sebelumnya anda sudah memilihnya, sebelum menuju loket.

Setelah memilih jadwal keberangkatan, anda akan diminta melakukan pembayaran tiket kereta. Usahakan untuk menyiapkan uang pas agar anda tidak terlalu lama di loket pembelian tiket. Jika pembayaran sudah dilakukan, maka anda akan mendapatkan kode booking atau bukti pembayaran. Kode booking ini akan dicetak di mesin pencetak pada saat hari keberangkatan sehingga anda harus menyimpan bukti pembayaran tersebut agar tidak sampai hilang.

Cara Memesan Tiket KAI Secara Online
Seiring dengan perkembangan teknologi, pembelian tiket KAI juga dapat dilakukan secara online. Bahkan metode pembelian ini dinilai lebih praktis dan sangat cocok untuk anda yang tidak sempat pergi ke stasiun. Cara pembelian tiketnya juga tergolong mudah serta tidak jauh berbeda dengan pembelian offline. Anda bisa melakukan pembelian secara online melalui KAI Access. Tentunya anda perlu mengunduh aplikasi ini terlebih dahulu melalui App Store maupun Google Play.

Di aplikasi pembelian tiket kereta ini, anda juga bisa melakukan refund serta reschedule. Setelah melakukan pengunduhan, langkah selanjutnya adalah mendaftarkan diri dengan membuat akun terlebih dahulu di aplikasi tersebut. Sebaiknya daftarkan nomor telepon yang masih aktif untuk mempermudah konfirmasi selanjutnya. Pembelian tiket melalui aplikasi ini juga mengharuskan anda menyiapkan identitas diri seperti E-KTP.

Selain aplikasi KAI Access, anda juga dapat melakukan pembelian tiket melalui situs resmi dari PT KAI yaitu kai.id. Saat memasuki halaman pertama, anda bisa menemukan menu pemesanan tiket kereta yang bisa diatur sesuai dengan stasiun asal, stasiun tujuan, tanggal keberangkatan dan juga jumlah penumpang. Selanjutnya klik pesan, lalu akan ditampilkan kereta dan juga daftar harganya. Setelah memilih kereta, tahap pembelian tiket dilanjutkan dengan pembayaran.

Pembelian tiket secara offline biasanya dapat dilakukan mulai tiga hari sebelum jadwal keberangkatan. Sedangkan apabila melakukan pembelian secara online, anda sudah bisa memesan tujuh hari sebelum hari H. Pembelian tiket untuk hari hari libur nasional sebaiknya dilakukan jauh jauh hari untuk mengantisipasi kehabisan tiket. Pastikan saat hari H, anda berangkat ke stasiun lebih awal untuk agar anda tidak sampai ketinggalan kereta api.