Minggu, 03 Mei 2020

5 Alasan Harus Punya Resistance Band untuk Melatih Kekuatan Otot

Olahraga bermanfaat untuk menstimulasi kesehatan tubuh, serta membuat tubuh tampak bugar. Disamping itu gerakan dalam olahraga membantu rileksasi otot, dan melatih kekutan otot. Ada beberapa jenis olahraga yang bisa diterapkan mulai ringan, hingga kelas angkat beban. Namun kini telah hadir Resistance band sebagai pengganti alat beban, yang bisa anda gunakan di rumah. Tidak perlu lagi meluangkan waktu untuk pergi ke tempat gym.

Tetap Latih Kekuatan Otot dari Rumah
1. Alat Olahraga Murah
Biasanya satu set peralatan berisi 4 tipe, dibanderol dengan harga mulai 150 ribuan. Tergolong cukup murah jika dibandingkan dengan alat olahraga lain, contohnya dumbel dengan harga lebih dari 200 ribu. Anda pun tidak perlu pergi ke tempat gym yang harus meluangkan waktu 2-3 jam. Tidak perlu pula mengeluarkan biaya untuk membayar kartu membership tempat gym. Anda tetap bisa melatih otot-otot di rumah, dan tubuh terlihat lebih bugar.

2. Mudah Dibawa
Keunggulan resistance band yaitu mudah untuk dibawa kemanapun, karena bobotnya sangat ringan. Anda bisa menyelipkan perlengkapan olahraga ini, di salah satu kantong tas. Tidak perlu khawatir alat akan menghabiskan banyak tempat, cukup melipatnya kecil dan selipkan diantara perlengkapan dalam tas. Cukup membawa satu atau dua alat saja ketika melakukan travelling, atau perjalanan bisnis yang memerlukan waktu cukup lama.

3. Variasi Bobot dan Warna
Biasanya beberapa produk menjual satu paket peralatan, dengan beragam bobot yang berbeda. Dalam satu set terdapat minimal empat pilihan, yang mempunyai warna-warna tidak sama. Tidak hanya mendapatkan warna hitam atau putih saja, sehingga latihan tidak akan membosankan. Setiap warna menandakan muatan bobot yang berbeda, jadi anda bisa berganti-ganti alat ketika hendak latihan.

4. Pengganti Alat Berat Lain
Kehadiran resistance band yang berbentuk seperti kain, cukup menarik perhatian. Tidak seperti alat berat lain, yang tampilannya tidak menarik dan terlihat berat. Terkadang membuat anda malas menggunakannya, karena muatan bobotnya cukup membuat tangan lelah. Berbeda dengan perlatan olahraga terbaru ini, bentuknya ringan dan punya elastisitas yang tinggi. Anda bisa menyimpannya di tempat terlihat, dan tinggal mengeluarkan saat membutuhkannya.

5. Coba Beragam Gerakan
Dengan alat olahraga ini anda tidak akan melakukan gerakan yang monoton, bisa berkreasi banyak gerakan. Tidak hanya untuk menguatkan satu bagian otot saja, tapi juga otot bagian atas dan bawah. Anda bisa melatih kekuatan otot di bagian lebih spesifik, contohnya otot tangan atau otot perut. Beberapa pakar olahraga menjelaskan jika latihan dengan alat ini, otot akan terbentuk lebih cepat dibandingkan alat berat lainnya.

Resistance band lebih efektif untuk melatih otot bokong, dan bagian paha agar lari lebih cepat. Atau bisa melakukan latihan lateral banded walk dengan melingkarkan alat, di sekitar pergelangan kaki. Kemudian buka kaki selebar bahu dan tekuk lutut sedikit, dan melangkah secara perlahan ke kanan dan kiri. Teknik latihan tersebut akan mencegah rasa sakit, akibata kekakuan pada otot botong. Anda berarti ikut mengaktifkan otot pinggul dan bokong.

Peralatan olahraga kini semakin bervariasi bentuknya, termasuk untuk melatih kekuatan otot di rumah. Jenis alat olahraga yang cukup unik dengan harga yang terjangkau, bahkan bisa dibawa pergi kemanapun. Mempunyai daya elastisitas tinggi sehingga bebas untuk melakukan gerakan apapun. Efek positif yang diberikan otot di beberapa bagian tubuh menjadi lebih kuat. Selain itu membuat bentuk tubuh terkesan lebih body goals.